Minggu, 16 Mei 2010

.:INSOMNIA:.

Tadi malem Bapak gue insomnia (gak bisa tidur). Gue juga heran kenapa bisa terjadi insomnia ? Gue cari tuh penyebabnya, dan ternyata penyebanya badan otak gue kurang lelah, jadi gak bisa tidur. Arti ilmiah Insomnia sndiri berarti gejala kelainan dala tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu.

Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur.

Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari:

  • Jet lag (terutama jika bepergian dari timur ke barat).
  • Bekerja pada malam hari.
  • Sering berubah-ubah jam kerja.
  • Penggunaan alkohol yang berlebihan.
  • Efek samping obat (kadang-kadang).
  • Kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).

Pengobatan Insomnia tergantung kepada penyebab dan beratnya insomnia.Orang tua yang mengalami perubahan tidur karena bertambahnya usia, biasanya tidak memerlukan pengobatan, karena perubahan tersebut adalah normal.

Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur; cahaya yang redup dan tidak berisik.

Jika penyebabnya adalah stres emosional, diberikan obat untuk mengurangi stres. Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi.

Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

biasanya tu kalo perut kenyang plus pikiran tenang, gak bisa sedikit aja nemu bantal langsung molor deh. masalah psikis aja tuh kalo gak bisa tidur ntu..

blog musik mengatakan...

pelor namanya tuh....nempel langsung molor...
heheh....

Posting Komentar